Hasil Survei Preferensi Politik, Pasangan Sahrul–Gun Gun Diprediksi Menang

Hasil Survei Preferensi Politik, Pasangan Sahrul–Gun Gun Diprediksi Menang

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Bandung, Lembaga Survei Polsight kembali melakukan survei preferensi politik masyarakat Kabupaten Bandung.

Survei ini dilaksanakan di lapangan pada tanggal 4 – 8 Oktober 2024 yang lalu dengan melakukan wawancara tatap muka langsung ke masyarakat.

Analis Politik sekaligus Direktur Riset Polsight, Kiki Pratama, M.Si. menjelaskan bahwa “Responden dalam survei ini diperoleh melalui metode riset Stratified-Systematic Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 600 responden yang tersebar di semua kecamatan di Kab. Bandung.

Margin of Error dalam survei ini ± 4,00% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei Polsight kali ini berfokus pada angka popularitas & elektabilitas masing-masing pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati Kab. Bandung yang akan bertarung dalam Pilkada Kab. Bandung 2024”.

Kiki mengawali penjelasan tentang angka popularitas masing-masing Calon Bupati & Wakil Bupati Bandung.

“Sahrul Gunawan menjadi calon yang paling populer dengan angka popularitas 98,67%, disusul Dadang Supriatna 92,67%, Ali Syakieb 79,33% dan Gun Gun Gunawan 57,67%,” jelas Kiki. 

“Dari angka tersebut terlihat jelas bahwa Sahrul Gunawan ternyata lebih populer dibanding Bupati petahana Dadang Supriatna,” lanjut Kiki.

Selanjutnya, Kiki memaparkan persentase suara pada simulasi elektabilitas Pilkada Kab. Bandung yang mana pada simulasi ini responden disodorkan contoh surat suara yang akan mereka coblos saat Pilkada nanti. 

“Pada simulasi elektabilitas, pasangan Sahrul–Gun Gun unggul dengan angka 49,50% sementara pasangan Dadang–Ali Syakieb hanya mendapatkan suara sebesar 46,00% saja dan masih ada 4,50% responden yang belum menentukan pilihan,” jelas Kiki.

Kiki pun menjelaskan terkait sebaran suara masing-masing pasangan calon khususnya terkait jenis kelamin dan usia para pemilih. “Dilihat dari sisi gender, pemilih pasangan Sahrul– Gun Gun ternyata mayoritas adalah perempuan, sementara Dadang–Ali Syakieb mayoritas pemilihnya adalah laki-laki,” jelas Kiki. 

“Meskipun sama-sama berlatar belakang seorang artis, ternyata sosok Sahrul Gunawan masih disukai dan dipilih oleh ibu-ibu Kabupaten Bandung dibandingkan dengan Ali Syakieb,” lanjut Kiki.

“Dilihat dari segi usia atau generasi, mayoritas pemilih pasangan Sahrul–Gun Gun adalah responden usia 17 s.d. 44 tahun (Gen Z & Milenial), sementara pasangan Dadang–Ali Syakieb mayoritas pemilihnya adalah usia 45 s.d. 65 tahun ke atas (Gen X & Baby Boomer),” 
jelas Kiki.

“Sekitar 60% pemilih di Kab. Bandung memang berusia 17 s.d. 44 tahun dan Sahrul-Gun Gun berhasil memikat hati para pemilih di rentang usia muda tersebut, itulah yang membuat pasangan Sahrul–Gun Gun bisa unggul dari Dadang–Ali Syakieb,” lanjut Kiki.

Alamat: Komplek Perkantoran Cikawao Permai Kav. B3, Kel. Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Telp. 0851-6119-9635, e-mail: polsight.official@gmail.com, website: www.polsight.id

Terakhir, Kiki menjelaskan bahwa angka elektabilitas tersebut tentu saja masih 
mungkin berubah, mengingat masih ada 37,87% responden yang menyatakan masih mungkin untuk merubah pilihannya.

Masa kampanye yang tinggal tersisa 35 hari ini tentu harus dimaksimalkan oleh kedua pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati untuk meyakinkan para pemilihnya. 

“Semoga Pilkada Kabupaten Bandung ini berjalan dengan jujur, adil dan bersih dari money politics serta tidak ada pihak-pihak yang mencoba untuk mengintervensi masyarakat maupun penyelenggara Pilkada. Sehingga siapapun yang terpilih nanti adalah sosok yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat Kab. Bandung untuk menjadi Bupati & Wakil Bupati berikutnya,” tutup Kiki. ***

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan