Bupati Bandung Kang DS Sebut MPLS Bukan Hanya Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Saja, Lalu?

Bupati Bandung Kang DS Sebut MPLS Bukan Hanya Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Saja, Lalu?

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bukan hanya sekedar pengenalan lingkungan sekolah saja.

Hal itu disampaikannya saat membuka MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025 di SMPN 1 Katapang, Kecamatan Katapang, Senin 15 Juli 2024.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, meminta pelaksanaan MPLS di Kabupaten Bandung lebih dari sebuah seremonial.

"Tetapi pelaksanaan MPLS ini awal dari perjalanan panjang kalian sebagai siswa siswi SMP yang penuh potensi," ucap Kang DS dalam sambutannya.

Ia menilai, MPLS adalah momen yang penting dalam kehidupan para siswa SMP tersebut. 

"Karena di sinilah kalian tidak hanya diperkenalkan dengan lingkungan sekolah baru, tetapi juga dengan  nilai-nilai kebersamaan, kejujuran, disiplin, dan semangat untuk belajar yang tinggi," jelasnya.

Selain tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan akademis, menurutnya lingkungan sekolah juga dapat mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter yang kuat. 

"Di tengah dinamika perubahan zaman dan tantangan yang semakin kompleks, kalian adalah generasi yang memiliki tanggungjawab besar untuk mempersiapkan masa depan bangsa  ini," tuturnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu menekankan bahwa edukasi yang diterima para siswa di sekolah adalah bekal berharga untuk menghadapi dunia yang semakin kompetitif. 

"Oleh karena itu, manfaatkanlah setiap kesempatan yang ada di sekolah ini dengan baik. Jadikan setiap pengalaman menjadi pembelajaran berharga yang akan membantu kalian tumbuh dan berkembang sebagai individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara," tegasnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, ia mengucapkan terima kasih kepada para guru dan karyawan di lembaga pendidikan atas dedikasi dan komitmen yang telah diberikan dalam membimbing generasi muda. 

"Peran bapak ibu guru tidak hanya sekedar sebagai pendidik, tetapi juga sebagai teladan yang akan membimbing siswa siswi yang akan mencapai potensi terbaik mereka," ujar Kang DS.

Karenanya, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan inklusif.

Di samping itu, tambahnya, perkembangan potensi setiap siswa demi terciptanya generasi yang cerdas, berkarakter, dan berakhlakul karimah dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 juga harus didukung.

"Salah satunya penguatan sumber daya manusia yang profesional dan paham digitalisasi," kata Kang DS.

Tak lupa ia mengingatkan para siswa untuk terus belajar, patuh terhadap orang tua dan guru, dan saling mengingatkan teman terkait hal-hal yang bersifat membahayakan atau merugikan.

"Seperti kenakalan remaja, bullying, kriminalitas, ataupun yang lainnya," sambungnya.

Terakhir, ia berharap para siswa bisa bercita-cita setinggi mungkin dengan giat belajar, disiplin, dan berbakti kepada orang tua juga guru.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara pembukaan MPLS tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung Ruli Hadiana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Agus Firman, Camat Katapang Rahmat Hidayat, dan jajaran Forkopimcam Katapang.

Kemudian, Kepala SMPN 1 Katapang, para guru dan siswa, serta peserta MPLS SMPN 1 Katapang.***

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan