Pramuka Miliki Peran Penting Dalam Pembangunan di Kabupaten Bandung, Emma Dety Ungkap Alasannya

Pramuka Miliki Peran Penting Dalam Pembangunan di Kabupaten Bandung, Emma Dety Ungkap Alasannya

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung, Emma Dety Permanawati mengatakan, Pramuka memiliki peran penting dalam pembangunan daerah.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung Tahun 2024 di Wanawisata Rancaupas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin, 1 Juli 2024.

Tema dari kegiatan ini adalah "Pramuka Bedas, Pinter, Singer, Tur Miboga Karakter" yang menggambarkan semangat dan tujuan yang ingin dicapai.

"Kegiatan Jambore Pramuka Penggalang ini membentuk sikap dan perilaku yang baik, meningkatkan kemandirian, keterampilan, serta mempererat persatuan dan kesatuan di antara anggota Pramuka Penggalang," tutur Emma Dety dalam sambutannya di acara tersebut.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Satya dan Darma Pramuka.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan Pramuka adalah fondasi bagi kita dalam menentukan karakter yang tangguh dan berbudi pekerti luhur," ucapnya.

"Kita juga berkomitmen untuk menghayati dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari," sambung Emma Dety.

Karena itu ia berharap Pramuka Bedas bukan hanya semboyan belaka, akan tetapi dapat diwujudkan sebagai upaya untuk mencetak generasi muda yang cerdas, tangkas, dan berkarakter.

"Kegiatan Jambore ini adalah salah satu sarana bagi kita untuk mencapai tujuan tersebut," tambahnya.

Ia juga berharap, Jambore Pramuka Penggalang dapat membawa hasil maksimal dan manfaat yang besar bagi perkembangan Pramuka di Kabupaten Bandung.

"Pramuka sebagai generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Semangat kepramukaan yang mengajarkan kemandirian, gotong royong, dan cinta tanah air sangat relevan dengan upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan," jelasnya.

Emma Dety mengingatkan, Kabupaten Bandung memiliki potensi luar biasa yang sangat memerlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk Pramuka.

"Untik itu, mari kita pastikan pembangunan di Kabupaten Bandung semakin Bedas dan berkelanjutan. Saya juga ingin menekankan pentingnya sinergi antara gerakan Pramuka dengan pemerintah dan berbagai pihak terkait," ujarnya.

Kerjasama yang baik antara semua elemen masyarakat dinilainya akan mempererat peran Pramuka dalam mendidik dan membina generasi muda sehingga dapat menghasilkam pemimpin yang berkualitas di masa depan.

"Semoga kegiatan Jambore ini banyak menuai manfaat bagi kita insan Pramuka dan juga masyarakat," tandasnya.

Sebagai informasi, Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung diikuti 2.517 peserta, terdiri dari 2.160 Pramuka Penggalang dan 357 pembina pendamping yang tergabung dalam 270 regu.***

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan