Atasi Masalah Sampah di Banjaran, Mahasiswa Unla Bandung Dorong Pengembangan SDM

Atasi Masalah Sampah di Banjaran, Mahasiswa Unla Bandung Dorong Pengembangan SDM

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Mengatasi masalah sampah di Desa Ciapus, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, menjadi program utama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Langlangbuana (Unla) Kelompok 11.

KKN Mahasiswa Unla Kelompok 11 tersebut dilakukan mulai tanggal 25 Juli hingga 25 Juli Agustus 2024 mendatang.

Selain mengatasi masalah sampah, KKN Mahasiswa Unla Kelompok 11 juga mendorong program Desa Ciapus dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Demikian disampaikan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Mahasiswa Unla Kelompok 11, Yogi Gumilar Saeful Akbar.

Ia menjelaskan bahwa KKN digelar sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa dalam situasi yang nyata.

"KKN Mahasiswa Unla Kelompok 11 digelar untuk menerapkan ilmu pengetahuan mahasiswa dalam situasi nyata," kata Yogi dalam keterangannya, Kamis 25 Juli 2024.

Selain menerapkan ilmu pengetahuan, lanjutnya, KKN juga digelar untuk mengabdi kepada masyarakat, serta mengembangkan soft skills dalam komunikasi dan kepemimpinan.

Melalui program tersebut, ia berharap mahasiswa dapat meningkatkan empati dan kepedulian sosial serta membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

"Harus, mahasiswa yang mengikuti KKN harus memiliki kepedulian sosial serta mendapatkan pengalaman kerja yang relevan," tegasnya.

Yogi menambahkan, KKN juga bertujuan untuk memperkuat identitas mahasiswa sebagai agen perubahan dan pemimpin masa depan.

Ditambahkannya, mahasiswa Unla yang berpartisipasi dalam program KKN akan bekerja sama dengan warga Desa Ciapus di berbagai kegiatan seperti pengelolaan sampah dan pemberdayaan masyarakat.

"Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi desa sekaligus mengasah kemampuan dan pengetahuan mahasiswa," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Ciapus, Tardiana menyambut baik program KKN Mahasiswa Unla Kelompok 11.

Atas nama warga Desa Ciapus, pihaknya sangat mengapresiasi program KKN Mahasiswa Unla di Desa Ciapus.***

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan