Duo Gunawan Punya Peluang Besar Menang di Pilkada, Tapi Ada Tantangan

Duo Gunawan Punya Peluang Besar Menang di Pilkada, Tapi Ada Tantangan

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM- Pasangan Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan diprediksi memiliki potensi kuat untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Bandung pada November 2024 mendatang. Hal ini berdasarkan analisis data elektabilitas dan tren media sosial yang menunjukkan keunggulan pasangan ini.


Direktur Jamparing Institut, Dadang Risdal Aziz, menyatakan bahwa duet Duo Gunawan memiliki elektabilitas yang tinggi dan berpeluang besar untuk menang jika tidak terjadi "tsunami politik" seperti kecurangan atau money politic.

"Merujuk pada pemberitaan dan sosial media, potensi menang tersebut karena baik Sahrul maupun Gun Gun sama-sama punya elektabilitas yang tinggi. Sebagai calon Bupati, Sahrul unggul cukup jauh dari calon Bupati Dadang Supriatna. Begitu juga sebagai calon Wakil Bupati, Gun Gun unggul dibanding calon Wakil Bupati Alie Syakieb," ujar Dadang Risdal dalam keterangannya kepada media pada Sabtu, 14 September 2024.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa elektabilitas Sahrul Gunawan terus meningkat, bahkan mencapai angka 60% dalam simulasi head-to-head melawan Dadang Supriatna.

Meskipun demikian, Dadang Risdal mengingatkan bahwa masih terdapat 54,1% pemilih yang tergolong "soft supporter" (pemilih yang belum menentukan pilihan atau mudah berubah). Hal ini membuka peluang bagi kandidat lain untuk meningkatkan elektabilitas mereka.

"Jumlah pemilih yang mayoritas itulah yang sering saya sebut sebagai lahan tak bertuan. Artinya, pemilih yang masih bisa diperebutkan oleh siapa saja. Termasuk, kandidat yang saat ini masih rendah elektabilitasnya," jelasnya.

Di sisi lain, Gun Gun Gunawan memiliki basis pendukung yang kuat dengan tingkat "strong supporter" mencapai 30%.

"Dari data tersebut, sebenarnya masih terbuka peluang buat siapa saja untuk menang. Hanya, duet Duo Gunawan lebih punya peluang besar," pungkas Dadang Risdal.

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan