Bantu Pemkot Bandung Berdayakan Masyarakat, PKK Kelurahan Sadang Gelar Sejumlah Pelatihan dan Dahsat

Bantu Pemkot Bandung Berdayakan Masyarakat, PKK Kelurahan Sadang Gelar Sejumlah Pelatihan dan Dahsat

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Dalam upaya memberdayakan masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Sadang Serang memiliki sejumlah program kreatif dan bermanfaat. Program tersebut meliputi pembuatan ecoprint, pemanfaatan kain perca, Dahsat (Dapur Sehat Atasi Stunting), hingga pembinaan UMKM.

PKK Sadang Serang melatih masyarakat untuk membuat batik dengan mengutamakan bahan-bahan yang berasal dari dedaunan dan bebas bahan kimia. Sebanyak 100 orang telah dibina dalam pelatihan program ini.

PKK Sadang Serang juga membekali para kadernya dengan keterampilan membuat dan memanfaatkan kain perca agar barang yang mempunyai nilai jual.

“Alhamdulillah peserta ecoprint sudah bisa mengikuti pameran,” tutur Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sadang Serang, Ida Jubaedah, Rabu 7 Agustus 2024.

Upaya-upaya itu, kata Ida, merupakan upaya PKK Sadang Serang untuk membina para pelaku UMKM. PKK Kelurahan Sadang Serang turut membantu dan mendampingi UMKM. Termasuk membantu proses sertifikasi halal untuk UMKM kuliner.

“Alhamdulillah kemarin sebanyak 40 UMKM yang sudah disertifikasi halalkan dan masih ada yang sedang dalam proses”, tuturnya.

Menurut Ida, para Pengurus PKK Kelurahan Sadang Serang juga turut menyikapi isu kesehatan melalui program Dahsat atau Dapur Sehat Atasi Stunting.  

Dahsat merupakan upaya PKK Sadang Serang membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menurunkan angka stunting.

"Program Dahsat ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Telkom, DKPP, dan Dinas Kesehatan," tuturnya.

Dari seluruh kegiatan tersebut, PKK Sadang Serang meraih prestasi gemilang. Di antaranya menjadi juara harapan 3 Posyandu Tingkat Kota Bandung pada tahun 2023 dan Juara 1 Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023.

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan