Makin Lengkap! Bupati Bandung Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru di RSUD Otista Soreang, Apa Saja?

Makin Lengkap! Bupati Bandung Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru di RSUD Otista Soreang, Apa Saja?

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Bupati Bandung, Dadang Supriatna meresmikan sejumlah fasilitas baru di RSUD Oto Iskandar Di Nata (Otista) Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa, 23 April 2024.

Pada kegiatan tersebut, pria yang akrab disapa Kang DS itu didampingi Direktur RSUD Oto Iskandar Di Nata, dr. Yani Sumpena dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bandung lainnya.

"Alhamdulillah bahwa tahun kemarin, kita sudah membelikan mesin cathlab  adalah salah satu upaya untuk bisa melayani masyarakat yang notabene ini (alat kesehatan) terbatas, baik itu untuk pelayanan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah serta lain  sebagainya," tutur Kang DS dalam keterangannya.

Selain digunakan juga untuk pemeriksaan invasive, ia menjelaskan bahwa mesin cathlab dapat dikembangkan untuk Digital Substraction Angiography (DSA).

DSA, lanjutnya, adalah prosedur kedokteran untuk melihat struktur pembuluh darah di otak, khususnya pada bagian kepala dan leher.

"Hanya ada enam orang dokter spesialis jantung anak di Jawa Barat yang tentunya bisa menggunakan cathlab ini dalam pengobatannya," beber Kang DS.

Ia berharap, ketersediaan alat kesehatan ini bisa mengurangi angka pasien yang mempunyai penyakit jantung bawaan pada anak.

"Sehingga bisa ditangani di RSUD Otista Kabupaten Bandung," sambungnya.

Lebih jauh Kang DS memaparkan, RSUD Otista juga turut menghadirkan klinik eksekutif bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

"Klinik eksekutif sengaja dihadirkan karena gaya hidup masyarakat dan kebutuhan kesehatan sangat penting, maka ada beberapa lokasi untuk para pasien eksekutif disediakan di RSUD Otista ini," ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya beberapa tambahan pelayanan baru di RSUD Otista, akan lebih bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat di Kabupaten Bandung. 

"Dan juga adanya penanganan kanker. Pelayanan penanganan kanker sudah ada di RSUD Otista, tidak perlu ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung atau ke Jakarta. Alhamdulillah di Kabupaten Bandung juga sudah ada fasilitas kesehatan untuk membantu para pasien yang mengidap penyakit kanker," pungkas Kang DS.***

Editors Team
Daisy Floren

Pemerintahan